» » Jenis Penelitian Pendidikan Berdasarkan Pendekatannya

Jenis Penelitian Pendidikan Berdasarkan Pendekatannya 
Sumber-mu >> Metodologi Penelitian Pendidikan : Jenis-jenis Pendekatan Penelitian - Pembahasan kali ini adalah mengenai Penelitian Pendidikan. Disamping itu baca juga Jenis Metode Pembelajaran atau Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam. Silahkan anda baca mengenai Jenis-jenis Penelitian berdasarkan Pendekatannya.
Berikut jenis-jenis penelitian pendidikan berdasarkan pendekatan penelitian yang digunakannya, semoga bermanfaat ya
1. Penelitian kuantitatif (quantitative research)
2. Penelitian kualitatif (qualitative research)
3. Penelitian Perkembangan (development research)
Penelitian perkembangan adalah suatu kajian tentang pola dan urutan pertumbuhan dan atau     perubahan sebagai fungsi waktu.
Penelitian perkembangan terbagi menjadi tiga jenis yaitu:
a. Studi Alur Panjang (longitudinal)
b. Studi Silang Sekat (cross-sectorial)
c. Studi Kecenderungan (trend)

Pendekatan Penelitian adalah sepeangkat asumsi yang saling berkorelasi satu dengan yang lain mengenai fenomena alam semesta. Dan pada dasarnya ada 3 (tiga) pendekatan penelitian yang selama ini  digunakan dalam penelitian ilmiah yaitu Penelitian Kualitaitf, Penelitian Kuantitatif, dan Penelitian Trianggulasi yang merupakan penggabungan dari Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif.

Dibawah ini akan saya uraikan sedikit mengenai Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Pendekatan Penelitian Kuantitatif, dengan memahami hal ini maka saya rasa anda akan lebih mudah untuk mengerti dan memahami apa yang dimaksud dengan Pendekatan Penelitian Trianggulasi.

Penelitian kuantitatif dipandang sebagai sesuatu yang bersifat konfirmasi dan deduktif, sedangkan penelitian kualitatif bersifat eksploratoris dan induktif. Bersifat konfirmasi disebabkan karena metode penelitian kuantitatif ini bersifat menguji hipotesis dari suatu teori yang telah ada. Penelitian bersifat mengkonfirmasi antara teori dengan kenyataan yang ada dengan mendasarkan pada data ilmiah dalam bentuk angka atau numerik, sehingga Penelitian Kuantitatif diidentikkan dengan Penelitian numerik. Penarikan kesimpulan pada penelitian Kuantitatif bersifat deduktif yaitu menarik kesimpulan dari sesuatu yang bersifat umum ke sesuatu yang bersifat khusus. Hal ini berangkat dari teori-teori yang membangunnya.

Sedangkan Penelitian Kualitatif bersifat eksploratoris karena berusaha mengeksplorasi terhadap suatu permasalahan walaupun dengan sedikit informan. Cara yang paling praktis dilakukan adalah dengan melakukan in-depth interview maupun dengan proses Focus Group Discussion (FGD). Logika dalam penarikan kesimpulan penelitian kualitatif dilakukan dengan menggunakan logikan induktif yaitu berangkat dari hal-hal yang bersifat khusus untuk menuju ke hal-hal yang bersifat umum berdasarkan informasi-informasi yang membangunnya kemudian dikelaskan ke dalam suatu konsep.

About Silvia

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply